Jumat, 14 November 2014

PROGRAM TAHUNAN

Nama Sekolah        : .........................
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas / Semester     : VIII – 1 & 2
Tahun Pelajaran     : 20... / 20 ...
Target Nilai Prota  : ......

SMT
STANDAR KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
KET
1

















































































































































































































































Mendengarkan
1.  Memahami makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

1.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat


Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:

A : Let me help you.
B : Thank you so much.

A: Can I have a bit?
B: Sure. Here you are.                                                     

A: Did you break the glass?
B: Yes I did  /  No, it wasn’t me.

A: What do you think of this?
B: Not bad.



Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A: Would you come to my party?
B: I’d love to /  I want to, but ........
A; I do agree
B; Thanks for the support.
A; No way ....
B:  It’s O.K. No problem

A: You have beautiful hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.



Mendengarkan
2. Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
















2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount


·  Teks fungsioanl pendek berupa :                  Undangan                   
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
                     Mona

·   Ciri kebahasaan teks fungsional pendek




·  Langkah retorika teks:
-     descriptive (identification – descriptions)
-     recount ( orientation events)
-     reorientation




Teks lisan berbentuk
·         descriptive
·         recount


Langkah retorika teks :
·         descriptive (identification – descriptions)
·         recount ( orientation events – reorientation)



Berbicara
3. Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

3.2 Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat


Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan.

A; Let me help you.
B: Thank you so much.

A: Can I have a bit.
B: Sure. Here you are.

A: Did you break the glass?
B: Yes, I did  /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.







A: Would you come to
     party?
B: I’d love to / I wan’t to,
    but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
     Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
     understand.
A: You have beautiful
     hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.



Berbicara
4. Mengungkap kan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
4.1 .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa nista secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Teks fungsional pendek berupa :Undangan                         










1.       Teks pendek berbentuk  recount
2.         –  informasi faktual
- informasi rinci
- gagasan utama
- gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
3.         Ciri kebahasaan teks
      recount




Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar


5.1 Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount


Teks fungsional pendek berupa: Undangan     















·   Makna gagasan
·   Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
·   Langkah retorika teks descriptive dan recount
·   Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
·   Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount            


Menulis
6.  Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

6.1.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.2.Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount
Teks fungsional pendek
  berupa :
- Undangan                          - Pengumuman                   - Pesan Singkat






Teks rumpang berbentuk                      - descriptive                   - recount

Kalimat acak




jumlah


2





































































































































































































































































































Mendengarkan
7. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuat







7.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...

A: Can I have a bit
B: Sure, here you are

A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry

A: Do you like it?
B: Yes I do

A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t

A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything

A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks


Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.

·         Hello, excuse me .....
·         Did you?  / Were you ?
·         Thanks/ Bye.../ See you.
·         Could I speak to .... please?
·         Well, I’m calling to....
·         Nice talking to you





Mendengarkan
8. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar















8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount

Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...

A: Can I have a bit
B: Sure, here you are

A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry

A: Do you like it?
B: Yes I do

A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t

A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything

A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks


Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.

·         Hello, excuse me .....
·         Did you?  / Were you ?
·         Thanks/ Bye.../ See you.
·         Could I speak to .... please?
·         Well, I’m calling to....
·         Nice talking to you




Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

9.1.Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu







9.2.Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon


Percakapan singkat memuat ungkapan – ungkapan :

A: Do you mind lending me some money?
B: No, problems

A: Can I have a bit?
B: Sure, here you are.

A: Here is some money for  you.
B: Sorry, I can’t take this.

A: Do you like it ?
B: Yes, I do.

A: Have you done it?
B:No, I haven’t.

A: Do you think it’s good?
B: I think it is / Sorry I can’t say any thing

A: Would you like some .....?
B: Yes, please / No, Thanks




Teks percakapan memuat ungkapan  berikut:
A: what if I do it again?
B: Fine with me.

A: I Must go now
B: Do you have to?

·  Right.
·  I see.
·  Hm...m yeah

·  Hello,excuse me
·  Did you? / Were you?
·  Thanks/ Bye / see you
·  Could I speak to ..?
·  Well,I’m calling to ...?
·  Nice talking to you.



Berbicara
10. Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

10.1    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

10.2    Mengungkap kan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative

·  Teks fungsional pendek : 
    - Undangan
    - Pengumuman 
    - Pesan singkat






·         Teks monolog berbentuk narrative                  



Membaca
11. Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

11.1  Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan narrative  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

11.3    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan nararative

·         Teks Essai berbentuk              narrative / recount             

·         Ciri kebahasaan
Teks Essai berbentuk           narrative / recount    
         
·         Tujuan komunikatif teks essai narratif / recount

·         Langkah retorika     narrative / recount      





·  Teks fungsional :
  - undangan
  - pengumuman
  - pesan

·  Tujuan komunikatif
·  Ciri kebahasaan




Menulis
12. Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

12.1.    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

12.2.    Mengungkap kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk  recount dan narrative

Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan singkat











·         Teks Essai  narrative / recount
·         Ciri kebahasaan teks narrative / recount
·         Langkah retorika teks narrative / recount




jumlah










Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…….............



( ............................................. )
NIP/NIK : …………………

.........., ………………....20...
Guru Mapel Bahasa Inggris



( ........................................)
NIP/NIK : ……………….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar