PROGRAM
TAHUNAN
Nama Sekolah :
.........................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII – 1 & 2
Tahun Pelajaran :
20... / 20 ...
Target Nilai Prota : ......
SMT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
KET
|
1
|
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
1.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta
dan memberi pendapat
1.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan
menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A : Let me help
you.
B : Thank you so
much.
A: Can I have a
bit?
B: Sure. Here you
are.
A: Did you break the glass?
B: Yes I did /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.
Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A: Would you come
to my party?
B: I’d love to
/ I want to, but ........
A; I do agree
B; Thanks for the
support.
A; No way ....
B: It’s O.K. No problem
A: You have
beautiful hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.
|
|
|
Mendengarkan
2. Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar.
|
2.1 Merespon makna
yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.2 Merespon makna
yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
· Teks
fungsioanl pendek berupa :
Undangan
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come
to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
·
Ciri kebahasaan teks fungsional pendek
·
Langkah retorika teks:
- descriptive (identification
– descriptions)
- recount ( orientation
events)
- reorientation
Teks lisan berbentuk
·
descriptive
·
recount
Langkah retorika teks :
·
descriptive (identification – descriptions)
·
recount ( orientation events –
reorientation)
|
|
|
|
Berbicara
3. Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
|
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2 Memahami dan
merespon percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan.
A; Let me help
you.
B: Thank you so
much.
A: Can I have a
bit.
B: Sure. Here you
are.
A: Did you break the glass?
B: Yes, I did /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.
A: Would you come
to
party?
B: I’d love to / I
wan’t to,
but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
understand.
A: You have
beautiful
hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.
|
|
|
|
Berbicara
4. Mengungkap
kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
4.1 .Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
4.2. Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa nista
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks fungsional pendek berupa :Undangan
1. Teks pendek
berbentuk recount
2. –
informasi faktual
- informasi
rinci
- gagasan
utama
- gagasan
pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
3. Ciri kebahasaan teks
recount
|
|
|
|
Membaca
5. Memahami makna
teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk descriptive dan
recount yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
|
5.1 Membaca nyaring
bermakna teks tulis fungsional dan
esei berbentuk descriptive dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2 Merespon makna
dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks fungsional pendek berupa: Undangan
· Makna gagasan
· Makna tekstual dalam
teks descriptive dan recount
· Langkah retorika teks
descriptive dan recount
· Tujuan komunikatif teks
descriptive dan recount
· Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
|
|
|
|
Menulis
6.
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
6.1.Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
6.2.Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks fungsional pendek
berupa :
- Undangan - Pengumuman - Pesan Singkat
Teks
rumpang berbentuk - descriptive - recount
Kalimat acak
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
||
2
|
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
7.1 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari
informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima
/ menolak sesuat
7.2 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...
A: Can I have a bit
B: Sure, here you are
A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry
A: Do you like it?
B: Yes I do
A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t
A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything
A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.
·
Hello, excuse me .....
·
Did you? / Were you ?
·
Thanks/ Bye.../ See
you.
·
Could I speak to ....
please?
·
Well, I’m calling
to....
·
Nice talking to you
|
|
|
Mendengarkan
8. Memahami
makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
|
8.1 Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2 Merespon makna yang
terdapat dalam monolog pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
|
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...
A: Can I have a bit
B: Sure, here you are
A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry
A: Do you like it?
B: Yes I do
A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t
A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything
A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.
·
Hello, excuse me .....
·
Did you? / Were you ?
·
Thanks/ Bye.../ See
you.
·
Could I speak to ....
please?
·
Well, I’m calling
to....
·
Nice talking to you
|
|
|
|
Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
|
9.1.Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta,
memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat,
dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2.Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap
pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
Percakapan singkat memuat ungkapan – ungkapan :
A: Do you mind lending me some money?
B: No, problems
A: Can I have a bit?
B: Sure, here you are.
A: Here is some money for you.
B: Sorry, I can’t take this.
A: Do you like it ?
B: Yes, I do.
A: Have you done it?
B:No, I haven’t.
A: Do you think it’s good?
B: I think it is / Sorry I can’t say any thing
A: Would you like some .....?
B: Yes, please / No, Thanks
Teks percakapan memuat ungkapan
berikut:
A: what if I do it again?
B: Fine with me.
A: I Must go now
B: Do you have to?
·
Right.
·
I see.
·
Hm...m yeah
·
Hello,excuse me
·
Did you? / Were you?
·
Thanks/ Bye / see you
·
Could I speak to ..?
·
Well,I’m calling to
...?
·
Nice talking to you.
|
|
|
|
Berbicara
10. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan
narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
10.1 Mengungkapkan makna
dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.2 Mengungkap kan makna
dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
|
· Teks fungsional pendek
:
-
Undangan
-
Pengumuman
-
Pesan singkat
·
Teks monolog berbentuk narrative
|
|
|
|
Membaca
11. Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount,
dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
11.1 Membaca nyaring
bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan
narrative dengan ucapan, tekanan
dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2 Merespon makna dalam
teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3 Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan nararative
|
·
Teks Essai berbentuk narrative / recount
·
Ciri kebahasaan
Teks Essai berbentuk narrative / recount
·
Tujuan komunikatif teks essai narratif / recount
·
Langkah retorika
narrative / recount
·
Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan
·
Tujuan komunikatif
·
Ciri kebahasaan
|
|
|
|
Menulis
12. Mengungkapkan makna
dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount
dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
12.1. Mengungkapkan makna
dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
12.2. Mengungkap kan makna
dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar berbentuk recount dan narrative
|
Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan singkat
·
Teks Essai narrative / recount
·
Ciri kebahasaan teks narrative / recount
·
Langkah retorika teks narrative / recount
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs…….............
( .............................................
)
NIP/NIK :
…………………
|
|
..........,
………………....20...
Guru Mapel
Bahasa Inggris
(
........................................)
NIP/NIK : ……………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar