Rabu, 10 Juni 2015

PERKEMBANGAN PADA MASA ISLAM DI INDONESIA



A.     Awal Penyebaran Islam
Awal pertumbuhan agama Islam di Saudi Arabia dalam suasana kegelapan, kekacauan, ketidakteraturan, dan ketidakpastian, yang lazim disebut dengan zaman jahiliyah. Tidak ada kepastian hukum yang dapat dipakai sebagai pedoman sehingga masyarakat kehilangan arah, hidup dalam ketakutan, karena dimana-mana hanya akan ditemui kekerasan dan kekejaman. Di tengah-tengah kegelapan itu, Islam muncul, yang disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Meski mengalami banyak rintangan dan hambatan serta penderitaan lahir batin, Nabi Muhammad SAW menyebarkan agama Islam, mulai usia 40 tahun sampai dengan wafatnya tahun 632 M, dalam usia 63 tahun. Saat beliau wafat, pengaruh Islam sudah meliputi hampir seluruh suku bangsa di wilayah Arab.
Sepeninggal Nabi Muhammad SAW, kedudukan beliau sebagai kepala pemerintahan digantikan oleh orang-orang yang diberi gelar khalifah, yang artinya pengganti. Khulafa’ur Rasyidin adalah empat khalifah pertama sebagai pengganti Muhammad, yang dipandang  sebagai pemimpin yang mendapat petunjuk dan patut dicontoh. Mereka semua adalah sahabat dekat Nabi Muhammad SAW. Penerus kepemimpinan mereka bukan berdasarkan keturunan, suatu hal yang kemudian menjadi ciri-ciri kekhalifahan selanjutnya Khulafa’ur Rasyidin, yaitu Khalifah Abubakar, Khalifah Umar, Khalifah Usman, dan Khalifah Ali. Di bawah kepemimpinan keempat khalifah tersebut, masyarakat muslim kemudian memperluas  pengaruhnya ke seluruh dunia.

B.   Proses Masuk dan Berkembangnya Pengaruh Islam di Indonesia
Islam masuk ke Indonesia akibat adanya perdagangan dan pelayaran internasional. Pada saat itu, jalur perdagangan internasional Timur Tengah-India-Malaka-Cina merupakan satu-satunya jalur perdagangan Asia yang sangat ramai. Bersamaan dengan kesibukan perdagangan antarbangsa yang melewati Indonesia itulah, Islam masuk ke Indonesia.
Islam masuk ke Indonesia ketika sebagian masyarakatnya sudah memeluk agama Hindu atau Buddha, atau saat masyarakat masih memeluk kepercayaan asli, atau bahkan saat Hindu-Buddha, dan kepercayaan asli bercampur saling mempengaruhi. Namun yang jelas, Islam datang setelah Hindu dan Buddha masuk ke Indonesia terlebih dahulu.
Penyebaran pengaruh Islam yang berasal dari jazirah Arab ke Asia dan benua lainnya, menimbulkan pusat-pusat agama Islam di kawasan tersebut, yang berperan sebagai pusat pemerintahan dan peradaban, juga berperan dalam penyebaran pengaruh Islam ke wilayah sekitarnya. Indonesia telah mengadakan hubungan ekonomi, hubungan sosial, dan hubungan politik dengan pusat-pusat Islam di Asia Selatan maupun pusat-pusat Islam lainnya.
Hubungan dalam bidang ekonomi sudah dilaksanakan sejak lama. Lebih-lebih pada abad ke-7, dimana perdagangan begitu ramainya, terutama di Selat Malaka. Sedangkan bandarbandar
Indonesia berada di seputar Selat Malaka, yang tentu saja sangat ramai dikunjungi pedagang mancanegara. Hasil hutan dan rempah-rempah dari Indonesia turut diperdagangkan, bahkan merupakan barang dagangan yang sangat laku.
Hubungan dalam bidang sosial ditandai dengan adanya interaksi sosial antara para pedagang muslim yang banyak bermukim di Indonesia dengan masyarakat setempat. Adanya
interaksi sosial inilah yang akhirnya memberikan pengaruh masuknya nilai dan ajaran Islam sehingga semakin banyak yang memeluk agama Islam. Hubungan dalam bidang politik terjalin
setelah kerajaan Islam berdiri di Indonesia pada abad ke-13 M, yaitu saat berdirinya Kerajaan Samudra Pasai di Aceh. Hubungan Indonesia dengan pusat-pusat Islam lainnya pun sudah sangat intensif. Selain dalam rangka membendung dominasi Portugis di Selat Malaka, hubungan itu juga nampak dari pusat-pusat perdagangan di Asia, yang berhubungan
dengan kerajaan Islam di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Kerajaan Samudra Pasai pun telah menjalin hubungan dagang dan politik dengan Cina, India, dan Asia Barat.
Hubungan antara Indonesia dengan pusat-pusat perkembangan Islam di Bagdad, Kairo, Kordoba, sudah terjadi sejak sebelum abad ke-15, meskipun hubungan itu tidak langsung, tetapi melalui jalur-jalur perdagangan yang sedang berkembang.

C.   Peranan Pedagang dan Ulama dalam Perkembangan Islam di Indonesia
Masuknya pengaruh Islam ke Indonesia, tidak lepas dari peran pedagang dan para ulama terutama walisongo.
1.        Peranan Pedagang
Para pedagang yang menjalin hubungan dagang dengan pedagang Indonesia tidak hanya pedagang Cina, tetapi juga pedagang India, Persia, Arab, Mesir, dan Turki. Di samping berdagang, mereka menyebarkan dan mengajarkan agama Islam di Indonesia. Pertama-tama tentunya adalah para pedagangnya, kemudian disebarluaskan kepada orang lain. MenurutSnouck Hurgronjeorang-orang Islam yang datang pertama dan menyebarkan agama Islam di Indonesia, tidak langsung dari Negeri Arab, melainkan melalui orang-orang Islam dari Gujarat (India).
Para pedagang mancanegara yang mendapat kesempatan langsung menjual dagangannya kepada penguasa setempat dan keluarganya, telah memperkenalkan ajaran Islam kepada mereka. Sifat terbuka para penguasa kerajaan, merupakan kesempatan yang sangat baik bagi berkembangnya
Islam di Indonesia. Juga karena kuatnya pengaruh Islam, raja-raja kecil di pesisir yang telah masuk Islam, berusaha melepaskan diri dari pusat pemerintahan yang masih beragama Hindu atau Buddha. Bahkan kemudian mereka banyak yang menjadi penyebar agama Islam di Indonesia.
Penyebaran agama Islam di Indonesia yang dilakukan oleh para pedagang, secara umum dapat digambarkan sebagai berikut.
·      Mula-mula para pedagang berdatangan ke pusat-pusat perdagangan.
·      Kemudian mulai ada yang bertempat tinggal, baik sementara maupun menetap.
·      Lambat laun tempat tinggal mereka berkembang menjadi perkampungan muslim dari negeri asing disebut pekojan.
·      Status sosial yang tinggi, memudahkan mereka mengawini pribumi, baik rakyat biasa maupun anak bangsawan.
·      Sebelum pernikahan, calon isterinya di-Islam-kan dulu dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.
·      Lambat laun berkembang perkampungan, masyarakat, dan kerajaan Islam.


2.        Peranan Ulama
Salah satu cara agar pemahaman tentang Islam mudah diterima oleh masyarakat adalah melalui gambaran-gambaran, tidak langsung pada inti pembahasan yang mungkin sulit diterima, antara lain melalui gending- gending Jawa, gending-gending dolanan, wayang kulit, dan hikayat. Dalam hal ini, pondok-pondok pesantren merupakan lembaga yang penting dalam
penyebaran agama Islam. Para santri yang telah keluar dari pesantren, akan menjadi tokoh agama, menjadi Kyai, dan mendirikan pesantren lagi.  Demikian seterusnya sehingga semakin lama Islam semakin berkembang luas.
Dakwah dan penyebaran Islam khususnya di Pulau Jawa oleh Wali Songo, dilakukan secara damai, halus, dan disesuaikan dengan keadaan masyarakat setempat. Wali Songo yang sangat terkenal bagi masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut.
a.       Maulana Malik Ibrahim
b.      Sunan Ampel
c.       Sunan Drajat
d.      Sunan Bonang
e.       Sunan Giri
f.       Sunan Kalijaga
g.      Sunan Kudus
h.      Sunan Murya
i.        Sunan Gunung Jati

D.   Perkembangan Masyarakat, Kebudayaan, dan Pemerintahan pada Masa Islam di Indonesia

Masuknya pengaruh Islam dan penyebarannya di Indonesia, baik kepada golongan bangsawan maupun masyarakat umum, dilakukan dengan damai dan dapat
diterima dengan cepat. Hal ini disebabkan beberapa faktor sebagai berikut.
1.             Syarat-syarat masuk Islam sangat mudah.
2.             Upacara-upacara dalam Islam sangat sederhana.
3.             Islam tidak mengenal kasta, semua orang dinilai sama kedudukannya.
4.             Penyebaran Islam disesuaikan kondisi sosial budaya masyarakat.
5.         Jatuhnya Sriwijaya dan Majapahit memperlancar penyebaran Islam.

Penyebaran Islam di Indonesia di setiap daerah tidak dalam kurun waktu yang sama. Masing-masing kerajaan dan daerah yang mendapatkan pengaruh Islam, mempunyai situasi politik dan pemerintahan serta perkembangan kondisi masyarakat dan sosial budaya yang berbeda-beda.


E.   Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia
Masuknya pengaruh Islam ke Indonesia menyebabkan berdirinya beberapa kerajaan Islam. Dari beberapa kerajaan yang ada, kita dapat menggambarkan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia.

1.         Kerajaan Samudra Pasai
Samudra Pasai yang terletak di dekat Muara Sungai Peusangan di pesisir timur laut Aceh, merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia, dengan Sultan Malik Al Saleh
sebagai kepala negaranya. Samudra Pasai cepat berkembang karena letaknya yang sangat strategis sehingga terjalin hubungan dagang yang baik dengan India, Benggala, Gujarat,
Arab, dan Cina. Berkat kemajuan dalam perdagangan, Samudra Pasai menjadi kerajaan yang makmur dan memiliki pertahanan yang kuat, serta luas daerah kekuasaannya.
Pada tahun 1350, Samudra Pasai diserang oleh Majapahit yang iri karena
kedekatan Samudra Pasai dengan Kesultanan Delhi. Penyerangan ini mengakibatkan
kemunduran Kerajaan Samudra Pasai yang semakin lama semakin lemah dan akhirnya dapat dikuasai oleh Kerajaan Aceh.

2.         Kerajaan Aceh
Kerajaan Aceh terletak di ujung utara Pulau Sumatera. Semula Aceh merupakan daerah taklukan Kerajaan Pedir. Jatuhnya Malaka dan Pasai ke tangan Portugis, mengakibatkan para pedagang di Selat Malaka mengalihkan kegiatannya ke Pelabuhan Aceh. Aceh akhirnya berkembang pesat, dan setelah kuat kemudian melepaskan diri dari kekuasaan Kerajaan Pedir dan berdiri sebagai wilayah yang merdeka. Sultan pertama sekaligus pendiri Kerajaan Aceh adalah Sultan Ali Mughayat Syah (1514-1528).
Aceh mengalami masa kejayaan di bawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Aceh berusaha menguasai kembali daerah-daerah yang dulu di bawah pengaruhnya dan telah direbut Portugis. Bahkan Aceh dapat menaklukkan Deli, Johor, Bontan, Pahang, Kedah, Perak, Nias hingga tahun 1625. Daerah sepanjang pantai barat Pulau Sumatera dapat dikuasai pula, seperti Indrapura,
Silebar, Tiku, Salida, dan Pariaman.
Sejak Sultan Iskandar Muda wafat, Aceh terus-menerus mengalami kemunduran yang akhirnya menyebabkan keruntuhan Aceh. Namun, Aceh masih memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam.

3.         Kerajaan Demak
Majapahit mengalami keruntuhan pada tahun 1478. Pada tahun 1500,  Raden Patah yang keturunan Raja Brawijaya V, seorang Adipati Demak yang beragama Islam, telah melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit. Kemudian dengan bantuan para wali, Raden Patah mendirikan Kerajaan Demak, dan dinobatkan sebagai Sultan Demak pertama, dengan gelar Senapati Jimbung Ngabdur’rahman Panembahan Palembang Sayidin Panatagama.
Demak menjadi kerajaan maritim, dan Raden Patah berhasil membuat Jepara dan Semarang menjadi pelabuhan transit yang menghubungkan Indonesia bagian timur sebagai daerah penghasil rempah-rempah, dengan Malaka sebagai daerah pemasaran Indonesia bagian barat.
Keruntuhan Kerajaan Demak diawali dengan wafatnya Sultan Trenggana pada tahun 1546, karena terjadi perebutan tahta kerajaan. Aria Penangsang, berhasil membunuh Prawata (putra Sultan Trenggana) yang merasa lebih berhak atas tahta kerajaan. Aria Penangsang sendiri berhasil dibunuh oleh Hadiwijaya, Adipati Pajang dan menantu Sultan Trenggana. Kemudian pusat pemerintahan Demak  beserta alat kebesarannya dipindahkan ke Pajang pada tahun 1568. Sejak saat itu tamatlah riwayat Kerajaan Demak dan berdirilah Kerajaan Pajang.
4.         Kerajaan Pajang
Setelah Hadiwijaya menduduki tahta Kerajaan Pajang, segera menghadiahkan daerah Kotagede Yogyakarta dan mengangkat Ki Ageng Pemanahan menjadi adipati di situ. Saat Ki Ageng Pemanahan meninggal, jabatan Adipati digantikan oleh anaknya, Sutawijaya. Sementara itu Adipati
Demak diserahkan kepada Pangeran Aria Pangiri. Sutawijaya yang menjadi adipati di Mataram (Yogyakarta) ingin menjadi raja dan berkuasa atas seluruh Pulau Jawa.
Sultan Hadiwijaya wafat pada tahun 1582, kedudukan digantikan putranya, Pangeran Benowo. Saat Pangeran Benowo berkuasa, Aria Pangiri berusaha merebut kekuasaan di Pajang, namun dapat digagalkan atas bantuan Sutawijaya.
Pangeran Benowo memang tidak sanggup menggantikan kedudukan ayahnya sebagai Sultan Pajang, oleh karenanya ia menyerahkan tahta kerajaan kepada Sutawijaya. Oleh Sutawijaya, Kerajaan Pajang dipindahkan ke Mataram pada tahun 1586. Berakhirlah riwayat Pajang, dan berdiri Kerajaan Mataram yang bercorak Islam di Yogyakarta.
5.         Kerajaan Mataram Islam
Setelah naik tahta kerajaan pada tahun 1586, Sutawijaya bergelar Panembahan Senapati Ing Alaga Sayidin Panatagama. Kerajaan Mataram yang didirikan Sutawijaya merupakan
Kerajaan Mataram kedua yang kini bercorak Islam, sementara yang pertama dulu bercorak Hindu. Namun letak Mataram Islam berada di bekas wilayah Kerajaan Mataram Hindu. Sementara itu, Pajang yang dahulu menjadi pusat kerajaan, masuk menjadi wilayah kekuasaan Mataram Islam, dan Pangeran Benowo sebagai Adipati Pajang.
Setelah Panembahan Senapati, berturut-turut yang menggantikan kedudukan Sultan
Mataram adalah Mas Jolang atau Pangeran Seda Krapyak (1601-1613), Mas Rangsang
atau Sultan Agung Hanyakrakusuma Senapati ing Alaga Ngabdurrahman Kalifatullah
(1613-1645).
Sultan Agung wafat pada tahun 1645 dan dimakamkan di Imogiri. Semua raja keturunan Sultan Agung, baik dari Yogyakarta maupun dari Surakarta, juga dimakamkan di Imogiri. Setelah Sultan Agung wafat, Mataram Islam mengalami kemunduran.

6.         Kerajaan Cirebon
Kerajaan Cirebon didirikan oleh Faletehan atau Fatahilah, yaitu seorang penyebar agama Islam, ahli perang, politikus, dan negarawan, yang sebelumnya mengabdi pada Kerajaan Demak.

7.         Kerajaan Banten
Kerajaan Banten terletak di ujung barat Pulau Jawa, yaitu di sebelah selatan wilayah Banten sekarang. Semula Banten di bawah kekuasaan Kerajaan Pajajaran, namun akhirnya berhasil direbut Fatahilah atas perintah Sultan Trenggana dari Demak. Sejak saat itu Islam berkembang dengan pesat.

8.         Kerajaan Makassar
Pada awal abad ke-16, di Sulawesi Selatan terdapat banyak kerajaan yang menurut Tome Pires jumlahnya ada 50 yang masih menganut berhala. Di antara kerajaankerajaan di Sulawesi yang terkenal adalah Kerajaan Gowa, Tallo, Bone, Wajo, Soppeng, dan Kerajaan Luwu.

9.         Kerajaan Ternate
Kerajaan Ternate terletak di Maluku Utara, berdiri sejak abad ke-13, dengan ibukota di Sampalu. Perkembangan agama Islam di Ternate sangat pesat setelah raja Ternate Zainal Abidin belajar Islam di Gresik. Bahkan para kyai dan ulama di Gresik didatangkan ke Ternate untuk menjadi guru ngaji. Di samping itu juga mengirimkan para pemuda Ternate untuk belajar agama Islam di Gresik.

10.      Kerajaan Tidore
Selain Kerajaan Ternate, di Maluku pada abad ke-13 juga terdapat Kerajaan Tidore, yang terletak di sebelah selatan Kerajaan Ternate, yaitu di Pulau Tidore. Semula kedua kerajaan Islam tersebut bersatu, namun setelah masuknya bangsa asing, yaitu Portugis dan Spanyol, mereka tidak lagi bersatu. Kerajaan Ternate bersahabat dengan Portugis, dan Kerajaan Tidore bersahabat dengan Spanyol.
Pada perkembangan berikutnya, Kerajaan Ternate dan Tidore bersatu kembali untuk mengusir Portugis dari Maluku, dan berhasil.


F.   Peninggalan-Peninggalan Bercorak Islam di Indonesia
Peninggalan sejarah yang bercorak Islam di berbagai daerah di Indonesia, hampir tidak ada perbedaan. Justru yang ada adalah persamaan-persamaan yang secara umum memang terjadi seperti itu.
Masuknya pengaruh Islam ke Indonesia, terjadi setelah masyarakat Indonesia memeluk Hindu dan Buddha. Tokoh-tokoh penyebar Islam tidak memusuhi agama yang sudah
ada, tetapi diusahakan masuk Islam dengan kesadaran sehingga terjadi integrasi antara kebudayaan Hindu-Buddha dan kebudayaan Islam. Hal ini mengakibatkan peninggalan
Islam di Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu dan Buddha, baik bentuk bangunannya, seni arsitekturnya, maupun hiasan-hiasan yang merupakan bagian tak terpisahkan dari bangunan tersebut.
Peninggalan sejarah yang bercorak Islam antara lain sebagai berikut.
1.        Masjid
2.        Keraton
3.        Batu Nisan
4.        Kaligrafi
5.        Seni Sastra
6.        Seni Pertunjukan

refrensi oleh 

Masuknya Islam berpengaruh besar pada masyarakat Indonesia. Kebudayaan Islam terus berkembang sampai sekarang. Pengaruh kebudayaan Islam dalam kehidupan masyarakat Indonesia antara lain pada bidang-bidang berikut.

a. Bidang Politik
Sebelum Islam masuk Indonesia, sudah berkembang pemerintahan yang bercorak Hindu-Buddha. Tetapi, setelah masuknya Islam, kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu- Buddha mengalami keruntuhan dan digantikan peranannya oleh kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam, seperti Samudra Pasai, Demak, Malaka, dan lainnya. Sistem pemerintahan yang bercorak Islam, rajanya bergelar sultan atau sunan seperti halnya para wali. Jika rajanya meninggal, tidak dimakamkan di candi tetapi dimakamkan secara Islam.

b. Bidang Sosial
Kebudayaan Islam tidak menerapkan aturan kasta seperti kebudayaan Hindu. Pengaruh Islam yang berkembang pesat membuat mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama Islam. Hal ini menyebabkan aturan kasta mulai pudar di masyarakat. Nama-nama Arab seperti Muhammad, Abdullah, Umar, Ali, Musa, Ibrahim, Hasan, Hamzah, dan lainnya mulai digunakan. Kosakata bahasa Arab juga banyak digunakan, contohnya rahmat, berkah (barokah), rezeki (rizki), kitab, ibadah, sejarah (syajaratun), majelis (majlis), hikayat, mukadimah, dan masih banyak lagi.

Begitu pula dengan sistem penanggalan. Sebelum budaya Islam masuk ke Indonesia, masyarakat Indonesia sudah mengenal kalender Saka (kalender Hindu) yang dimulai pada tahun 78 M. Dalam kalender Saka ini, ditemukan nama-nama pasaran hari seperti legi, pahing, pon, wage, dan kliwon. Setelah berkembangnya Islam, Sultan Agung dari Mataram menciptakan kalender Jawa, dengan menggunakan perhitungan peredaran bulan (komariah) seperti tahun Hijriah (Islam).

 
pesantren

c. Bidang Pendidikan
Pendidikan Islam berkembang di pesantren-pesanten Islam. Sebenarnya, pesantren telah berkembang sebelum Islam masuk ke Indonesia. Pesantren saat itu menjadi tempat pendidikan dan pengajaran agama Hindu. Setelah Islam masuk, mata pelajaran dan proses pendidikan pesantren berubah menjadi pendidikan Islam. Pesantren adalah sebuah asrama tradisional pendidikan Islam. Siswa tinggal bersama untuk belajar ilmu keagamaan di bawah bimbingan guru yang disebut kiai. Asrama siswa berada di dalam kompleks pesantren. Kiai juga tinggal di kompleks pesantren.

d. Bidang Sastra dan Bahasa
Persebaran bahasa Arab lebih cepat daripada persebaran bahasa Sanskerta karena dalam Islam tak ada pengkastaan. Semua orang dari raja hingga rakyat jelata dapat mempelajari bahasa Arab. Pada mulanya, memang hanya kaum bangsawan yang pandai menulis dan membaca huruf dan bahasa Arab. Namun selanjutnya, rakyat kecil pun mampu membaca huruf Arab. 

Penggunaan huruf Arab di Indonesia pertama kali terlihat pada batu nisan di daerah Leran Gresik, yang diduga makam salah seorang bangsawan Majapahit yang telah masuk Islam. Dalam perkembangannya, pengaruh huruf dan bahasa Arab terlihat pada karyakarya sastra. Bentuk karya sastra yang berkembang pada masa kerajaan-kerajaan Islam di antaranya sebagai berikut.
  1. Hikayat, cerita atau dongeng yang berpangkal dari peristiwa atau tokoh sejarah. Hikayat ditulis dalam bentuk peristiwa atau tokoh sejarah. Contoh hikayat yang terkenal adalah Hikayat Amir Hamzah.
  2. Babad, kisah pujangga keraton sering dianggap sebagai peristiwa sejarah contohnya Babad Tanah Jawi (Jawa Kuno), Babad Cirebon.
  3. Suluk, kitab yang membentangkan soal-soal tasawuf contohnya Suluk Sukarsa, Suluk Wijil, Suluk Malang Sumirang, dan lainnya.
  4. Syair, seperti Syair Abdul Muluk dan Gurindam Dua Belas.

masjid demak

e. Bidang Arsitektur dan Kesenian
Islam telah memperkenalkan tradisi baru dalam teknologi arsitektur seperti masjid dan istana. Ada perbedaan antara masjid-masjid yang dibangun pada awal masuknya Islam ke Indonesia dan masjid yang ada di Timur Tengah. Masjid di Indonesia tidak memiliki kubah di puncak bangunan. Kubah digantikan dengan atap tumpang atau atap bersusun. Jumlah atap tumpang itu selalu ganjil, tiga tingkat atau lima tingkat serupa dengan arsitektur Hindu. Contohnya, Masjid Demak dan Masjid Banten.

Islam juga memperkenalkan seni kaligrafi. Kaligrafi adalah seni menulis aksara indah yang merupakan kata atau kalimat. Kaligrafi ada yang berwujud gambar binatang atau manusia (hanya bentuk siluetnya). Ada pula yang berbentuk aksara yang diperindah. Teks-teks dari Al-Quran merupakan tema yang sering dituangkan dalam seni kaligrafi ini. Media yang sering digunakan adalah nisan makam, dinding masjid, mihrab, kain tenunan, kayu, dan kertas sebagai pajangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar