Senin, 22 Desember 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMP Karya Bunda
Kelas/Semester          : VII/1
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Topik/Tema                : procedure text
Pertemuan Ke-           : 7
Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit

A.  Kompetensi Dasar

2.1.      Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure.

B.  Indikator Pencapaian Kompetensi

1.   Menunjukkan motivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.
2.   Mengidentifikasi makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure.
3.   Membaca nyaring teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk procedure secara lancar, jelas, dan akurat.
4.   Membuat teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk procedure dengan tepat.

C.  Tujuan Pembelajaran

1.   Melalui contoh, peserta didik dapat menunjukkan motivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris
2.   Melalui contoh, peserta didik dapat  Mengidentifikasi makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure
3.   Melalui contoh, peserta didik dapat Membaca nyaring teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk procedure secara lancar, jelas, dan akurat
4.   Melalui contoh, peserta didik dapat membuat teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk procedure dengan tepat.






Materi Pembelajaran
1.      Teks monolog berbentuk procedure, contohnya:

How to Make Gudeg Jogja (Green Jack Fruit Sweet Stew)
Ingredients:
-    5 onions
-   10 candlenuts
-   10 garlic cloves
-   4 bay Leaves
-   1/2 lb. (250g) green jack fruit
-   2-1/2 tsp. (12g) coriander seeds
-   1-1/4 tsp. (6g) cumin
-   1/4 cup (62ml) coconut sugar
-   2 cups (500ml) coconut milk
-   2 tsp. (30g) tamarind
-   2 lb. (1kg) chicken (cut into small pieces with bone)
-   5 cups (1.25l) water
-   2 inches bruised galangal
Instructions:
-  First, cut green jack fruit 1 inch thick. Wash and boil until tender.
-  Next, ground onions, candle nuts, sauté paste, bay leaves, and galangal until fragrant.
-  Add the chicken pieces, stir fry until chicken changes clour.
-  Then, pour 4 cups of water and coconut sugar, bring to a boil.
-  Add the green jack fruit and simmer until the chicken and vegetables are tender.
-  Finally, add coconut milk 5 minutes before it’s done, bring back to a boil. Serve  hot with ice.
- This dish is sweet and usually served with shrimp cracker

2.      Procedure text can be explained as bellow:
Social function  :  to describe how something is accomplished through a sequence of actions or steps. Generic structure:
-  Goal.
-  Materials (not required for all procedural texts)
-  Steps (a series of steps oriented to achieving the goal)
How to Make an Omelet
Hello friend, how are you? Have you ever eaten a cheese omelet? Do you know how to make a Cheese Omelet? No? Would you like me to tell it for you? Okay. This is the way. Listen to me.
To make a Cheese Omelet, you should prepare ingredients such as one egg, 50 grams of cheese, uhm... ¼  cup of milk, three tablespoons of cooking oil, uhm...what else ....? Oh, yeah, a pinch of salt and don’t forget some pepper. Now, to make a Cheese Omelet, you will need some kitchen utensils like a frying pan, a fork, a whisk, a spatula, uhm..... a cheese grater ...and a bowl and of course ....a plate. Okay? Are you following me ? Right! Let me tell you how to make it.
First, crack an egg into a bowl like this. Then whisk the egg with a fork until it is smooth. After that, add some milk and whisk well. Grate the cheese into the bowl and stir. Next, heat the oil in a frying pan, and pour the mixture into the frying pan. Then, turn the omelet with a spatula when it browns. See, like this. Okay, next cook both sides. After the omelet is done, place it on a plate, don’t forget to season it with salt and pepper and you can eat it while warm. It’s easy, isn’t it? Bon appetite!
Find out:
a.       What is the text talking about?
b.      What is the purpose of the text?
c.       How many steps are there in the text?

D.  Model/Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan        : scientific
2.   Strategi               : Numbered Heads/ Kepala Bernomor
3.   Metode               : Inquiry/Experiencial learning.

E.   Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·       Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli) lalu Guru menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta
·       Guru dapat menggunakan kaliamat “Good morning, students”.
·       Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/ Sir/Mam”.
·       Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
·       Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
·       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·       Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan KD
·       Guru menerangkan kepada siswa tentang hubungan antara pelajaran yang lalu dan yang akan di pelajari.
·       Guru menanyakan beberapa pertanyaan untuk mengarahkan pemikiran siswa ke dalam topik yang akan dipelajari.
·       Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks



10 menit
Inti
Observing
  • Memberikan stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
  • Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
  • Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
  • Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.

Communicating
·         Guru memberikan penjelasan mengenai teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  procedure.
·         Guru menunjukkan fungsi penggunaan teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk procedure.
·         Guru membagikan card number kepada masing-masing siswa.
·         Siswa dibagi dalam kelompok dan setiap siswa dalam kelompok berdasarkan nomor yang dibagi.
·         Guru memberikan tugas mengenai teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk procedure dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
·         Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan setiap anggota kelompok dapat mengetahui jawaban dengan tepat.


Experimenting
·         Guru memanggil salah satu nomor siswa dari salah satu kelompok lalu menjelaskan hasil diskusi kelompok mereka.
·         Guru memberikan waktu untuk tanggapan dari kelompok lain,
·         guru menunjuk salah satu nomor dari kelompok yang lain.
·         Guru membagikan soal individu kepada siswa.
·         Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
·         Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
·         Memfasilitasi siswa degan melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
·         Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.

30 menit











30 menit

Penutup
·         Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  procedure.
·         Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·         Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·         Berpamitan dan mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika meninggalkan ruang kelas. (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
10 menit

F.   Sumber/Media Pembelajaran

1.   Sumber: Buku Paket Siswa
2.   Media: White board, board marker
3.   Card number
4.   Lembar tugas kelompok dan individu siswa




G.  Penilaian




Tidak ada komentar:

Posting Komentar